Minggu, 10 Agustus 2014

Saudara-saudara kita yang muslim yang telah lebih maju melaksanakan sunnah Rasulullah bahkan hingga tata lahir (penampilan) itu, ternyata memiliki kekhasan/komunitas yang beragam.

Beliau-beliau sama-sama menjalankan sunnah Rasulullah seperti memelihara jenggot, memendekkan kumis, bercelana di atas mata kaki, wanitanya menggunakan hijab lebar, dst. Tapi sebenarnya ada beberapa "komunitas" yang berbeda dan tidak sama seperti nampaknya.

Dalam menyikapi urusan politik, misalnya, terdapat sejumlah komunitas antara lain ..

1) Ada komunitas yang terlibat aktif dalam politik, dalam rangka memperkuat dakwah Islam, karena demokrasi dipandang sistem yang tidak dapat dihindari saat ini. Komunitas ini, oleh teman-teman sering disebut dengan "Ikhwaniy" diambil dari nama kelompok perintisnya di Mesir yaitu Ikhwanul Muslimin.


 


2) Ada komunitas yang menolak demokrasi dan mencita-citakan khilafah. Mereka cenderung golput setiap kali ada hajatan pemilu. Secara terorganisir, komunitas ini terus mendidik dan mengembangkan ide "khilafah" ini shg nantinya bisa mengganti demokrasi. Teman-teman menyebutnya "Tahririy" diambil dari nama kelompoknya Hizbut-Tahrir.

 

3) Ada komunitas yang memandang pemerintahan yang tidak menjalankan syariah dan khilafah sebagai kekufuran, dan wajib diperangi secara fisik bila negara tersebut memerangi kaum muslimin. Mereka biasa disebut "Jihady" karena menonjol sekali dalam mengedepankan perang atau perlawanan fisik sebagai pemaknaan dominan dari jihad. 


4) Ada komunitas yang tidak ikut campur urusan politik. Mereka menyerahkan pemerintahan sebagaimana yang berlaku di negara masing-masing. Mereka hanya fokus pada pengembangan dakwah kultural dan persuasif. Mereka disebut "Tablighy" yang diambil dari nama yang disematkan orang pada mereka yaitu Jama'ah Tabligh.

 
5) Ada komunitas yg mirip dgn komunitas ke-4, tdk berpolitik praktis dan tidak menjadikan politik sebagai kendaraan perjuangan, tapi mengembangkan dakwah dgn cara memassifkan pemurnian ajaran Islam semurni-murninya. Mereka disebut "Salafy" karena gerakan mereka membawa umat kembali kepada ajaran Salaf yang murni sesuai tuntunan Rasulullah.


Mereka hampir-hampir nampak sama, tapi punya spesifikasi yg berbeda. Yang jelas mereka saudara kita, moga kita diberi hidayahnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ISB Corner -Imam Saiful Bahri- Powered by Blogger - Modified by ISB Corner -