Selasa, 18 Februari 2014

Tiap awal tahun ajaran baru di KMI Gontor pada bulan Syawal ada kegiatan Khutbatul Arsy, yaitu semacam kuliah umum dalam rangka pekan perkenalan terhadap Pondok.

Saking pentingnya acara ini, seluruh santri dan guru/ustadz (baik yunior atau senior) wajib hadir.
Tidak diperkenankan absen kecuali ada halangan yang bisa dibenarkan, seperti sakit.

Dan satu yang unik. Pesan dan nasehat yang disampaikan Kyai (sebagai pembicara utama) selalu tentang topik dan isu yang sama. Selama 6 tahun santri mengikuti acara ini, akan akan 6 kali mendengarkan topik yang sama. Mengapa begitu?

Pak Kyai Syukri menerangkan demikian alasannya,

"Pesan dan nasehat ini kami ibaratkan seperti air hujan yang turun membasahi pohon. Hujan yang pertama mungkin baru sampai daun-daun di puncaknya. Hujan berikutnya baru sampai dahan-dahannya. Hujan berikutnya lagi membasahi batang pohonnya. Hujan selanjutnya, baru merembes ke akar-akarnya."

"Demikian juga pesan dan nasehat ini. Kami ulang terus-menerus tanpa rasa bosan. Bahkan kalau perlu akan kami ulang seribu kali. Penerimaan Ananda sekarang beda dengan penerimaan saat dulu. Dan penerimaan nanti berbeda dengan yang sekarang."

"Dengan satu nasehat yang sama. Ananda akan menerimanya beda, saat Ananda duduk di kelas I dengan saat Ananda sudah duduk di kelas VI, dan akan beda lagi saat Ananda sudah menjadi ustadz"

Gambar dari gontor.tv (Ust. Syukri)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ISB Corner -Imam Saiful Bahri- Powered by Blogger - Modified by ISB Corner -