Rabu, 28 Desember 2011

Hal terpenting dalam beragama adalah usaha untuk meluruskan iman kita, menguatkan iman kita, mengistiqomahkan iman kita sehingga sampai akhir hayat kita.

Karena bila seseorang itu imannya lurus, imannya istiqomah, imannya kuat sampai akhir hayatnya, maka di dunia ini ia dijamin oleh Allah, akan senantiasa mendapatkan pertolongan-pertolongan Allah, kuburnya akan menjadi pertamanan surga, di padang mahsyar akan mendapatkan naungan Allah, kemudian dia akan masuk surga kekal abadi selama-lamanya.

Tetapi bila iman tidak lurus, maka di dunia ini manusia akan menghadapi ma’isayatan donka, kehidupan yang sempit, kehidupan yang penuh keresahan, walaupun hartanya banyak, kekuasaannya besar, tetapi kalau tidak ada iman, hidupnya akan menjadi hidup yang resah...

Maka ciri khas kehidupan orang kafir adalah hiburan, atau orang lemah imannya senantiasa perlu hiburan. Siang hiburan, sore hiburan, malam hiburan, ke mana saja perlu hiburan. Karena hatinya tidak pernah tenang sehingga perlu dihibur siang dan malam.
Maka ciri khas kehidupan orang kafir adalah hiburan, atau orang lemah imannya senantiasa perlu hiburan. Siang hiburan, sore hiburan, malam hiburan, ke mana saja perlu hiburan.
Tetapi orang yang imannya lurus imannya kokoh, maka hatinya penuh dengan kesejukan sehingga tidak perlu hiburan apa-apa. Hiburannya di dalam hatinya. 

Sehingga sampai di kubur tidak ada orang pun dia akan tetap tenang, dia akan tetap tentram, dia akan tetap bahagia, kebahagiaannya ada di dalam hatinya. Kebahagiaannya bukan di rumahnya bukan di ladangnya, kebahagiaannya ada di dalam hatinya. 

Ketika hati sudah ta’alluq (tertaut) kepada Allah, mengenal Allah, mencintai Allah, maka orang yang seperti ini akan bahagia di mana saja dia berada, di dunia dan akherat."

Merupakan potongan tausyiah 
KH. Uzairon TA (Pengasuh Pesantren Al-Fatah Temboro Magetan)

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. opini yang anda sajikan memang benar adanya, dimanapun kita berada bila hati merasa damai dan nyaman maka tak perlu hiburan yg berlebih

    BalasHapus

- Copyright © ISB Corner -Imam Saiful Bahri- Powered by Blogger - Modified by ISB Corner -