Senin, 14 November 2011

Kita tahu bahwa doa itu adalah senjata orang mukmin.
Kita tahu juga bahwa doa yang utama adalah sholat. Sholat itu sendiri secara harfiyah berarti doa.

Jadi senjata utama orang mukmin adalah sholat.
Dan Allahpun memerintahkan "Jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu"

Rasulullah dan para Sahabat merupakan hamba-hamba Allah yang menjadikan sholat sebagai jalan keluar dan mencari penyelesaian masalah-masalah mereka di dunia. Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bila terhimpit masalah, langsung bersegera sholat.

Dan sungguh banyak riwayat yang menceritakan bagaimana para Sahabat terbebas dari masalah yang menghimpit mereka, seperti terbebas dari kekeringan; terbebasnya dari wabah penyakit; dimenangkan dari serangan musuh; dan berbagai bentuk "balasan kontan" lainnya dari Allah. Karena memang mereka amat menyukai sholat sebagai solusi utama dari masalah hidup mereka.

Gunakan sholat sebagai saranamu untuk menolongmu dalam masalah duniamu. Sebab begitulah Allah memerintahkannya dan begitulah Rasulullah SAW mencontohkannya.

Kalau sholat itu tidak bisa menolongmu di dunia, bagaimana bisa sholat kamu harapkan dapat menolongmu di akherat?? Bukankah akherat lebih dahsyat dari dunia?

Kalau sholat itu tidak bisa menolongmu di dunia, bagaimana bisa sholat kamu harapkan dapat menolongmu di akherat??

Kalau sholatmu tidak 'mempan' mengatasi masalah seremeh dunia, bagaimana mungkin ia bisa 'efektif' menyelesaikan masalah seberat akherat.

Kalau kau rasakan sholatmu tidak berdampak pada urusan duniamu, mengapa lagi kamu bertanya "diterima tidak kah sholatku ini?" Sungguh pertanyaan yang sebenarnya bisa kamu jawab.

Berhentilah merasa menabung pahala di akherat dengan sholatmu, kalau tanda-tanda 'efektifitas' sholatmu itu tidak kau dapati juga.


Bagaimana bisa membuat sholat itu bisa menolong kita?
Sholat kita tidak banyak membantu kita dalam masalah di dunia kita sehari-hari, karena kita tidak pernah menganggap sholat sebagai suatu yang besar dan luar biasa.

1) Bersegeralah bertaubat, yakinlah dan percayalah bahwa sholat itu adalah ajaib dan luar biasa yang bisa menolongmu mengatasi masalah duniamu dan sekaligus akheratmu.

2) Perlakukanlah sholat sebagai sesuatu yang besar, sehingga kita menyiapkan betul-betul sebelum mengerjakannya. Perbagus wudhunya, waktunya, wirid dzikir yang mendahuluinya, dan usahakan berjamaah.

Sebab sholat berjamaah itu bisa lebih mudah diterima oleh-Nya, sedangkan sholat sendiri itu amat sulit seleksinya. Diriwayatkan bahwa sholat sendiri itu diperiksa dengan ketat ke-absah-annya dari wudhunya, kesucian pakaian, tempatnya, arah kiblatnya, bacaannya, kekhusu'annya, dst hingga-hingga hampir-hampir dipastikan jarang sekali hamba yang "sholat sendiri"nya itu bisa lolos dan diterima. 

Sedangkan sholat jamaah merupakan ibadah kolektif yang memiliki berbagai kemudahan, segera diterima Allah, disukai Allah dan Allah mengampuni kekurangan sholat dari satu anggota jamaah karena ditutup oleh kebaikan anggota jamaah yang lain. Karenanya sholat jamaah itu dipandang 27 kali lebih bernilai dibanding dengan sholat sendiri.


Berhentilah dari "ikhlash yang salah kaprah"
Berhentilah jadi orang yang merasa alim atau mencapai derajat wali, di mana melakukan sholat tanpa berharap pahala dan balasan apapun di dunia, bahkan di akheratpun tidak banyak berharap, karena mengira bahwa keikhlasan tinggi adalah mengharap ridho Allah, sedangkan keikhlasan yang masih berharap surga dan takut neraka adalah tingkat rendah.

Cukup ukurlah seberapa efektifnya sholatmu mengatasi masalah duniamu, bila tidak banyak memberi efek mengatasi masalah dunianmu, lebih baik instropeksilah. Sebab bagaimana bisa diharapkan sholat itu bisa mengatasi masalah akherat, kalau terhadap masalah dunia saja tidak berdaya guna.

Bertobatlah....mari bersama bertaubat. Insyaallah masih ada waktu.

Dituturkan oleh beberapa teman yang saya anggap sebagai guru
Beliau-beliau tidak mau disebut namanya.
Semoga bermanfaat bagi kita.I

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ISB Corner -Imam Saiful Bahri- Powered by Blogger - Modified by ISB Corner -