Kamis, 29 September 2011


Secara garis besar, umat manusia kelak digolongkan menjadi 3. 

Pertama, golongan orang yang masuk neraka. Mereka adalah orang-orang yang ingkar terhadap Allah dan Rasul-Nya, yang hidupnya penuh kemungkaran dan kemaksiatan.

Kedua, golongan orang yang masuk surga, tetapi mereka masuk surga dengan susah payah. Sehingga digambarkan perjalanan mereka ke surga bagaikan perjalanan ribuan tahun, atau dengan merangkak atau dengan proses lain yang sangat berat. Mereka adalah orang-orang beriman, tapi menjaga iman dan beramal shaleh sekedarnya, asal gugur tugas, dan sekenanya. 
Mereka adalah orang-orang beriman, tapi menjaga iman dan beramal shaleh sekedarnya, asal gugur tugas, dan sekenanya.

Ketiga, golongan orang yang masuk surga dengan mudah dan sangat mudah. Mereka adalah orang-orang beriman yang sungguh-sungguh dalam amal shalehnya, membagus-baguskan, menyempurnakan amalnya dan istiqomah.



Demikian Allah berfirman:
Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar. Q.S. Fathir: 32


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ISB Corner -Imam Saiful Bahri- Powered by Blogger - Modified by ISB Corner -