Jumat, 29 Juli 2011

Abdul Wahid Masruri, yang biasa kami panggil Pak Ruri, Rabu malam Kamis 27 Juli 2011 kemaren, baru saja terkena gigitan ular berbisa yang cukup ditakuti orang-orang kampung yaitu Ular Hijau ekor merah. Bagaimana ganasnya ular ini? Ini saya kutipkan keterangan tentang ular itu: 
Ular hijau ekor merah atau trimeresorus albolabris atau truno bamban temasuk keluarga viper yang berbisa. Racun ular ini mengandung haemotoxcin yang cukup kuat yang efek racunnya  ke tubuh manusia tidak bisa diabaikan. Selain rasa sakit yang dalam di titik gigitan, juga bengkak yang bertahan selama seminggu hingga pangkal lengan/kaki, efek racun ini pun seringkali masuk hingga ke lambung dan ginjal manusia. Bila tidak segera ditangani, nyawa bisa melayang.

Kembali ke Pak Ruri...
Malam itu, Pak Ruri yang habis pulang kondangan itu membuka pintu kamarnya. Belum sempat melangkah masuk, tiba-tiba kakinya terasa digigit sesuatu (yang sebenarnya tidak sesakit sengatan kalajengking). Setelah dilihatnya, nampak seekor ular hijau berekor merah sepanjang 80 cm-an di lantai kamarnya. Pak Ruri yang biasa duduk bersebelahan dengan saya di kantor, begitu tergigit ular berbisa ganas itu langsung terduduk dan tidak banyak bergerak. Untung orang-orang di rumahnya langsung tanggap melakukan pertolongan pertama, dari mengolesinya dengan minyak tanah, serta memotong-menumbuk ekor merah ular itu dan mengoleskannya di bagian luka (yang tidak berdarah), hingga membawanya ke rumah sakit untuk ditangani lebih lanjut.

Alhamdulillah.... bisa tertolong, sekalipun meninggalkan bengkak di bagian kakinya hingga hari ini (Sabtu). Kejadian ini cukup menggegerkan. Pasalnya, orang-orang (termasuk saya) pada mengira bahwa ular hijau adalah ular berbisa yang bisa mematikan. Tapi syukurlah bisa diatasi...

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa tidak ada satu musibah pun yang didatangkan pada seorang hamba mukmin lalu dia bersabar kecuali diampuni dosa-dosanya. Semoga Pak Ruri bersabar... dan lebih penting lagi, supaya kita semua lebih hati-hati. Waspada dan bersabar beberapa menit terkadang bisa menyelamatkan nyawa untuk hidup puluhan tahun lebih lama.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ISB Corner -Imam Saiful Bahri- Powered by Blogger - Modified by ISB Corner -