Kamis, 21 Juli 2011

Benarkan Al Quran turun pada malam 17 Ramadhan?

Versi Pertama
Setahu saya, tidak ada riwayat yang menjelaskan bahwa Al-Quran itu turun di tanggal malam 17 Ramadhan. Paling ada juga di pidato Zainuddin MZ, Ust Nur Maulana (Ust Jama'ah), juga peringatan resmi Nuzulul Quran oleh negara serta pemahaman bawah sadar kita-kita para pendengarnya.

Versi Kedua
Anda pernah atau sering mendengar, melihat, atau bahkan melakukan sendiri? Yaitu suatu kegiatan i'tikaf (berdiam dan beribadah di masjid) di malam-malam akhir Ramadhan? Sebuah masjid sekitar 3 kilometeran dari rumah saya sering dijadikan pusat i'tikaf masyarakat muslim Ponorogo terutama pada malam-malam itu. Kalau ditanya, mereka rata-rata menjawab mencari "Lailatul Qodar" yaitu sebuah malam penuh berkah yang nilainya lebih baik daripada 1000 bulan. Karena "Malam Lailatul Qodar" itu tidak bisa dipastikan kapan, hanya diyakini jatuh di malam-malam ganjil, maka masyarakat muslim di sana mengadakan i'tikaf pada malam-malam ganjil di sepertiga terakhir bulan Ramadhan yaitu di malam 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadhan.

Dalam Al-Quran (Surah Al-Qodar, Al-Baqarah 185) disebutkan bahwa sesungguhnya Al-Quran itu diturunkan pada bulan Ramadhan pada malam Lailatul Qodar.

Kalau ada masyarakat yang mencari "Lailatul Qodar" pada sepertiga malam terakhir seperti di atas, berarti mereka secara sadar atau tidak telah memahami bahwa Al-Quran turun di sepertiga terakhir bulan Ramadhan itu. (Beda lagi, kalau niatnya untuk i'tikaf mengikuti sunnnah Rasul).

Kalau Allah menyatakan bahwa Al-Quran itu turun di malam Lailatul Qodar, sedangkan menurut umumnya kaum muslim (seperti kita diperingati sebagai Malam Nuzulul Quran) selama ini bahwa Al-Quran turun di malam 17 Ramadhan. Berarti malam Lailatul Qodar itu turun di tanggal itu??!! Lantas mengapa orang masih beri'tikaf di sepertiga malam terakhir yang ganjil di bulan Ramadhan dengan tujuan mencari malam Lailatul Qodar (baca: malam turunnya Alquran)?

Maaf, wacana ini saya lempar untuk teman-teman. Saya belum ada referensi meyakinkan tentang hal ini. Terimakasih atas tanggapan dan infonya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ISB Corner -Imam Saiful Bahri- Powered by Blogger - Modified by ISB Corner -