Minggu, 01 Mei 2011

-->Kekuatan Captain Planet
Di tahun 80-an di TVRI pernah tersohor satu film kartun bertajuk “Captain Planet”. Captain Planet digambarkan dalam sosok seorang pria gagah dan kekar yang memiliki kemampuan mengendalikan berbagai unsur alam. Kisah kemunculan Captain Planet berawal dari pertemanan 5 orang remaja yang peduli pada lingkungan. Karena tekad mereka yang besar untuk memelihara bumi ini, mereka dipertemukan dengan sosok putri “penunggu” dasar bumi. Oleh puteri ini masing-masing dari mereka berlima dibekali sebuah cincin. Keempat dari 5 cincin itu memiliki kemampuan mengendalikan unsur alam seperti air, api, tanah dan udara. Sementara cincin satunya (yang ke-5) adalah semacam “spirit” pemersatu, cinta, perasaan atau semacamnya. Masing-masing remaja bisa menggunakan cincinya untuk mengendalikan unsur alam sesuai bidangnya. Cincin pengendali tanah bisa digunakan menggerakkan tanah ke atas seberapapun besarnya, cincin pengendali udara membuat pusaran angin yang dahsyat, begitu juga cincin pengendali api dan air. Keempat cincin itu bisa digabungkan menjadi satu kekuatan besar, yaitu dengan mengerahkan energi keempat cincin itu. Ketika energi memancar dari 4 cincin itu, cincin kelima yang berfungsi sebagai cincin “spirit” mempersatuan keempat kekuatan itu, maka muncullah dari dalam bumi sosok Captain Planet. Captain Planet adalah superhero yang mampu terbang dengan kecepatan tinggi, bisa mengendalikan unsur-unsur alam dengan sangat mudah. Dalam openingnya, Captain Planet sering ditampakkan terbang di atas laut. Dan karena saking besarnya kekuatannya itu, permukaan laut bergolak dahsyat dan cekung ketika dia terbang di atasnya. Tanah berhektar-hektar bisa dia angkat dan ditimpakan ke tempat yang ia inginkan, pusaran angin yang bermuatan air atau api bisa didatangkannya dengan mudah sesuai keinginan dan kebutuhannya.

Musuh Captain Planet
Biasanya tokoh-tokoh jahat dalam film Captain Planet adalah orang-orang yang biasa melakuan perusakan lingkungan atau mereka yang dalam berbagai usahanya tidak pernah mengindahkan keadaan alam dan lingkungan, seperti orang yang merusak hutan, mencemari perairan, menciptakan polusi skala besar, eksploitasi laut dan alam lain secara berlebihan. Mereka-mereka inilah yang akan berhadapan dengan Captain Planet. Kalau kelima remaja ini sudah tidak bisa mengatasi kejahatan lingkungan ini, merekapun memanggil Captain Planet dengan cincin-cincin itu. Dan biasanya segala jenis kerusakan lingkungan itu, direhabilitasi oleh Captain Planet dengan cepat. Selain  memperbaiki lingkungan dari ancaman kerusakan, Captain Planet juga menangani “penangkapan” pelaku dan menyerahkannya ke tangan hukum. Satu hal yang masih saya ingat dari film ini yaitu ketika misi telah ditunaikan dan semua beres, Captain Planet biasanya lenyap dari muka bumi, tubuhnya berubah menjadi pancaran lima cahaya yang melesat masuk ke dalam cincin-cincin remaja itu. Sesaat sebelum lenyap menjadi cahaya itu, Captain Planet biasa menunjuk jari ke kamera seraya mengatakan “The Power is Yours!!”, mungkin maksudnya adalah “kekuatan adalah miliki kalian” atau “kekuatan saya kembalikan lagi ke kalian” atau juga “kalian sebenarnya punya kekuatan”.
The Power is Yours!!
Kelemahan Captain Planet
Ternyata agar kekuatan superhero ini berimbang, tidak “terlalu” superpower, biar menarik dan menambah dinamika cerita, pencipta kartun ini juga menambahkan kelemahan padanya. Kelemahan Captain Planet adalah terkena segala jenis bentuk polusi secara langsung terutama minyak. Dalam sebuah cerita, ketika Captain Planet menangani sebuah komplotan penjahat dan berusaha menggagalkan usaha perusakan lingkungan, tanpa disadari Captain Planet dia disiram minyak mentah oleh bos penjahat yang sedang kalap. Ternyata, siraman minyak mentah ini berdampak dahsyat dan melemahkan Captain Planet sedemian rupa. Ia terkapar seperti terkaparnya Superman ketika terkena radiasi batu krypton. Ketika melihat Captain Planet ini jatuh dan terkapar, para penjahat itupun bersorak gembira dan melanjutkan aksinya. Sebaliknya, para remajapun segera menolongnya dan membersihkannya dari lumuran minyak itu. Sontak begitu bersih dari minyak, sang Captain segera kembali kekuatannya dan beraksi lagi.

Komentar tentang Superhero dan Captain Planet
Begitulah kreatifnya para kartunis Barat dalam menciptakan berbagai jenis superhero. Yang jelas, ide penciptaan superhero ini di antaranya justru menunjukkan “pengakuan” bahwa kita sebagai manusia adalah lemah, karenanya membutuhkan kekuatan. Hingga kinipun, sosok-sosok manusia dengan kekuatan super ternyata tidak kunjung kita temui, paling ada beberapa orang yang memiliki kelebihan tertentu dan terbatas tapi secara umum kurang signifikan dalam membantu manusia di bumi. Justru kemunculan “superhero” itu sekarang tidak dalam wujud “sosok manusia” akan tetapi dalam wujud “teknologi” yang terus berkembang.
Mengenai ide “Captain Planet”, saya pribadi mengacungi jempol, tentunya bagaimana sang penciptanya menampung aspirasi para aktivis dan pencinta lingkungan. Dan tentu, ini adalah bentuk kampanye “cinta lingkungan” kepada anak-anak pencinta film kartun ini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ISB Corner -Imam Saiful Bahri- Powered by Blogger - Modified by ISB Corner -