Selasa, 03 Mei 2011

Kalau bicara tentang Superhero yang banyak sekali itu, memang kecenderunganku selalu tertuju pada Superman. Bukan apa-apanya, tapi sekedar dari sisi kemampuannya, superhero satu ini menurutku memiliki kemampuan yang paling lengkap dan tergolong terkuat dibanding superhero lain. Dari sisi tenaga, kekebalan tubuh, ketajaman indera, kecepatan gerak, hingga sorot mata laser dan tiupan freezernya.

Kostum utama Superman
Hanya terus terang yang paling mengganjal buatku tentang Superman adalah kostumnya yang 'kinclong' itu. Menurutku selain warnanya yang terlalu 'keamerikanan' (merah-biru), berjubah dan (benar......hahahahahha) celana dalamnya yang diluar itu. Warna kostum Superman itu terkesan 'norak' dan 'gimana gitu' bila dipakai dalam situasi yang bagaimanapun, baik saat beraksi maupun bersantai, apalagi saat berbaur dengan masyarakat dan pejabat. Soalnya, Superman dan superhero lain apalagi yang kalau sudah di-movie-kan, konsumennya bukan lagi anak-anak atau remaja, tetapi orang-orang dewasa.
Warna mencolok kostum Superman ini tak ubahnya seperti pakaian dalam pesta kostum, atau pesta anak-anak TK. Ya, tapi mau digimaian lagi.... pengarangnya terdahulu sudah men'set' kostumnya begitu.

Sekalipun fiktif dan hanya muncul dalam dunia komik dan film, upaya "mendekatkan pada kenyataan" tentu sangat penting, agar orang yang menyaksikan tokoh tersebut seperti benar-benar hadir di tengah-tengah kita. Tapi dengan kostum se-mencolok itu, rasa-rasanya Superman memang hanya di film, komik dan dunia fiktif lain. Berbeda dengan Predator, Alien, Terminator, dan film-film yang digarap 'halus' sehingga seakan-akan memang hadir dalam kehidupan sebenarnya.
Perhatikan bagaimana kostum 'mencolok' ini dipakai dalam berbagai film dari waktu ke waktu. Ya, tentunya yang paling mutakhir dari Superman Return-lah yang pewarnaan dan modelnya paling matang.


Kostum-kostum lain Superman
Kostum-kostum yang lumayan nyentrik justru banyak ditampilkan para superhero dari Marvel, seperti kostum-nya Wolverine dalam X-Men Movies yang hitam-hitam gitu.

Ketidakpuasan akan kostum Superman yang merah-biru dengan desain yang mencolok ini, ternyata bukan hanya saya saja. Lihatlah bagaimana banyak desain yang 'ditawarkan' yang keluar dari desain utama kostum Superman. Desain ini dimunculkan dalam berbagai perwujudan kemunculan Superman, baik sebagai Superboy, Man of Steel, hingga kostum-kostum lain. Kalau saya mungkin cenderung pada kostum Superman 'Black' yang dalam film Doomsday disebut-sebut mirip rocker itu. Dengan kostum gelap ini, rasanya Superman bisa hadir di tengah-tengah publik dengan 'nyaman' dan 'menyatu'.
Dari banyak pilihan ini, terserah Anda mau cenderung milih mana untuk kostum yang pas buat Superman, atau silakan saja mereka-reka sendiri kostum yang cocok menurut Anda.


Kostum Superboy



 Kostum Superman "Smallville"


 Kostum "Man of Steel"




Kostum "Superman Blue"


Kostum Superman "Black"




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ISB Corner -Imam Saiful Bahri- Powered by Blogger - Modified by ISB Corner -