Selasa, 12 April 2011

Anda semua pasti tahu apa itu batu krypton. Batu itu adalah batu yang datang bersamaan dengan Kal-el (nama asli Superman) waktu datang ke bumi. Batu krypton merupakan sisa dari planet Krypton yang meledak akibat perebutan kekuasaan bangsa kryptonian. Batu berwarna hijau yang bisa membuat Superman merintih kesakitan hingga bisa membuatnya mati. Itu menurut cerita yang diciptakan oleh seorang seniman Kanada, Joe Shuster, dan penulis Amerika Serikat Jerry Siegel pada tahun 1932 saat mereka masih remaja di Cleveland, Ohio. (wikipedia.org).


Karakter Kal-el yang diceritakan sebagai man of steel ini mempunyai kelemahan yang berasal dari planetnya juga. Batu krypton, batu yang baru-baru ini (katanya) ditemukan beneran oleh ilmuwan Amerika. Krypton yang sesungguhnya adalah sebuah satuan atom dalam pelajaran kima, mempunyai simbol Kr dan mempunyai nomer atom 36 dengan massa atom 84.  Dalam pengembangan bahan bakar untuk eksplorasi ruang angkasa, krypton bersaing dengan elemen lain, xenon. Xenon menawarkan kinerja yang lebih baik, tetapi biaya sekitar sepuluh kali lebih banyak untuk memproduksi, sehingga krypton telah menjadi lebih menarik sebagai bahan bakar untuk penerbangan luar angkasa.

Cukup penjelasan tentang krypton yang fiksi dan yang ilmiah. Batu krypton yang ada di serial Smallville ini ternyata tidak hanya 1 macam tetapi setidaknya ada ada 4 jenis batu krypton dan mempunyai efek yang berbeda jika di dekatkan Superman.

1. Krypton Hijau
Batu krypton ini sudah sering kita liat kemunculannya di setiap film-film Superman dari jaman Christoper Reeve, Dean Cain, hingga Tom Welling. Jenis krypton yang bisa membuat sakit, lemah, bahkan bisa bikin Superman sekarat. Krypton ini di anfaatkan oleh musuh-musuh Superman tidak terkecuali Lex Luthor. 

2. Krypton Merah
Krypton ini keluar di Smallville season 1 pertengahan. Efek krypton merah ini berbeda jauh dengan krypton hijau. Jika krypton merah ini didekatkan ke Superman efeknya adalah akan mengubah Superman secara emosional. Bisa dibilang menjadikan Bad Superman. Meningkatkan emosi, nafsu, amarah, urak-an dan mengesampingkan logika. Diceritakan Clark Kent mendapatkan cincin dari tim football, dan ternyata cincin itu bermatakan krypton merah. Dia menjadi sangat bersemangat, jadi gampang marah, show off, dan segala emosi yang buruk keluar. 

3. Krypton Biru
Dalam serial Smallville season 9, krypton biru punya efek menghilangkan kekuatan superpower dari Superman, dan membuatnya selayaknya manusia biasa. Tidak menyakitkan, tapi mengubah secara fisik dan  membuatnya seperti orang pada umumnya.

4. Krypton Hitam
Krypton Hitam muncul di season 4, Kal-el tiba-tiba ditarik Jor-el ke suatu dimensi yang berbeda. Setelah kembali Kal-el berubah menjadi jahat, beringas, dan tidak mengenal orang tuanya (Kent). Dengan batu krypton hitam itu Martha Kent (ibu Clark) memisahkan kekuatan jahat dan baik di dalam tubuh Kal-el. Krypton hitam ini juga keluar di season 8, saat Davis Bloome yang ternyata dia dikirim dari planet krypton untuk menghancurkan Kal-el. Di dalam diri Davis ada sesosok monster yang disebut Doomsday. Karena Clark ingin Davis tetap hidup, maka dia menggunakan krypton hitam untuk memisahkan monster dan Davis. Agar Clark bisa membunuh sang monster tanpa menyakiti Davis. 

Dikutip daro http://crayon.students-blog.undip.ac.id

{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. MAKANE JO GAWE KRYPTON WARNA HITAM, PO MENEH GAWE YAMAHA KRYPTON GHARAI NGERES BROOW. HE...HE...

    BalasHapus
  2. suparman dah kepayahan karena salah pakek batu krypton, makanya jaga kesehatan diri man jo peh duwe 4 batu krypton. ingak man tidak bleh dholim kepada dirse. gitu kata Ustad Imam SB.

    BalasHapus
  3. Inggih mbah...

    BalasHapus
  4. kalau Suparman paling doyan ikan asin 😁

    BalasHapus

- Copyright © ISB Corner -Imam Saiful Bahri- Powered by Blogger - Modified by ISB Corner -