Sabtu, 26 Juni 2010

Beberapa sebab sehingga orang berpaling dari aqidah yang benar, antara lain :

1) Tidak tahu dan tidak mau belajar tentang aqidah yang benar.

2) Fanatik terhadap keyakinan nenek moyang (pendahulunya) padahal tidak benar.
“Dan ikutilah apa yang telah diturunkan Allah,” Mereka menjawab: “Tidak, tetapi kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapati dari nenek moyang kami.” Walaupun nenek moyang mereka itu tidak tahu apapun dan tidak mendapat petunjuk. (QS. Al-Baqoroh 170).

3) Dengan membuta mengikuti perkataan umumnya orang tentang aqidah padahal tidak mengetahui dalil-dalilnya yang benar.

4) Mengkultuskan para wali ataupun ulama, hingga mengangkat derajat mereka di atas umumnya orang. Padahal itu bisa merusak aqidah dan menghilangkan keimanan yang sebenarnya(QS. Nuh 23)

5) Lalai tidak mau merenungi ayat-ayat Allah (yang berupa Al-Quran atau alam), sehingga berfikir bahwa manusia memiliki peran besar dalam kehidupan ini dan selebihnya tidak lain dari proses alami saja. Padahal Allah-lah yang berkuasa atas segala sesuatu. (Ash-Shaffat 97, Al-Qashash 78, Al-A’raf 185)

6) Penyesatan oleh kedua orang tuanya.
Rasulullah SAW bersabda: Tidaklah seorangpun lahir kecuali dalam keadaan fitrah (Islam), maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan dia Yahudi, Nashrani atau Majusi. HR. Muttafaq Alaih.

7) Perkembangan dunia pendidikan dan media informasi yang tidak memberikan porsi cukup pada pemahaman aqidah (agama secara keseluruhan).
Kehidupan modern telah memalingkan orang pada materi dan kehidupan duniawi, sehingga agama tidak dipandang lagi sebagai sesuatu yang terpenting. Bahkan telah berkembang pemikiran di kalangan kaum muslimin sebaiknya agama dipelajari secara praktis saja (tidak perlu mendalam dan luas, pen.)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ISB Corner -Imam Saiful Bahri- Powered by Blogger - Modified by ISB Corner -