Sabtu, 26 Juni 2010

Ibadah menurut arti bahasa berarti tunduk dan patuh.

Menurut syariah, ibadah memiliki banyak pengertian, namun ada satu yang bisa menghimpun pengertian tentang ibadah, yaitu sebagai berikut:

“Ibadah yaitu segala sesuatu yang disukai dan diridoi Allah baik berupa perkataan maupun perbuatan baik lahir maupun batin.”

Allah berfirman: Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku. (Adz-Dzariyat 56), (Adz-Dzariyat 57-58).


Macam-Macam Ibadah
Ibadah memiliki banyak macam, akan tetapi setidaknya terdiri dari dua jenis.

Yang pertama adalah segala bentuk perbuatan jelas-jelas yang mencerminkan ketaatan. Contohnya seperti berdzikir, bertasbih, bertahlil, membaca Al-Quran, sholat, zakat, puasa, haji, jihad, amar ma’ruf nahi munkar, menyantuni (kerabat, yatim piatu, orang miskin, musafir), perasaan mencintai Allah dan rasulNya, perasaan takut dan bersandar kepada Allah, ikhlash dalam menaati perintah agama, bersabar, ridho dengan takdir Allah, bertawakkal, mengharap rahmat-Nya, takut akan azab-Nya, dan sejenisnya.

Yang kedua adalah segala bentuk tingkah laku orang yang beriman yang nampaknya biasa tetapi diniatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Contohnya seperti tidur, makan, minum, jual beli, bekerja, sekolah, menikah atau pekerjaan lainnya yang kesemuanya diniatkan untuk mencari keridhoaan Allah.

Jadi ibadah tidak terbatas pada amal-amal akherat, akan tetapi juga amalan-amalan dunia, asalkan tetap menghadirkan niat yang lurus untuk mencari keridhoan Allah.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ISB Corner -Imam Saiful Bahri- Powered by Blogger - Modified by ISB Corner -